Friday 9 August 2013

Wardah Sunscreen Gel SPF 30 Review (Updated)

Hi, everyone

If u read my blog frequently, u must know that sun protection is very important for me. I live in a hot city where the sun could be pretty harsh on my skin. Since I will talk about sunscreen from local Indonesian brand (and I'm pretty sure until now it's only sold in Indonesia) so I'll use Bahasa in the next paragraph. Dear foreign readers, please hit the translate button on my side bar. Thank U ^^


Sebelum beli produk ini, saya sudah banyak baca review yang bagus lewat beauty blog maupun forum di Female Daily (FD). Tadinya saya rada ragu mau beli soalnya kulit saya kan berminyak, dan rata2 sun screen biasanya lengket dan berminyak. Saya pernah beberapa kali mencoba sunscreen yang katanya untuk muka. Tapi kebanyakan dari produk2 sunscreen tersebut cenderung menyumbat pori, tebel, white cast dan bikin kulit jadi tambang minyak. Jadi selama ini saya lebih memilih untuk pakai BB Cream ber- SPF tinggi atau pelembap ber-SPF daripada sunscreen atau sunblock.                 

This is the tube, easy to squeeze to get the product out.

 Click to enlarge to see the ingredients list

Sekitar bulan lalu saya jalan2 ke PTC, iseng2 saja saya mampir ke booth Wardah dan ceki2 produknya. Saya tertarik buat beli day cream yang seri lightening itu jadi sekalian saja saya belanja sunscreennya. Soalnya lightening day creamnya Wardah itu harus dipakai dengan sunscreen karena produk tersebut mengandung formula pencerah.

Harga produk ini cukup terjangkau yaitu IDR 27500 di konter Wardah di Matahari Dept. Store.

Teksturnya seperti losion dengan efek gel yang sejuk dan mudah meresap ketika dioles ke kulit. Tidak meninggalkan residu atau warna setelah meresap di kulit.
Wanginya soft dan tidak mengganggu saya. Wanginya perlahan bakal hilang setelah produk meresap.

Perlu diingat ya, teman2, jika menggunakan sunscreen ini, seperti halnya sunscreen pada umumnya, tunggu sekitar 15- 20 menit setelah aplikasi sebelum keluar outdoor.


Sayang di produk ini tidak disebut mengandung PA +... berapa. Mungkin kadar PA+... tidak menjadi pertimbangan penting kali ya dalam produk ini.  
Untuk produk dengan SPF 30, kemampuan perlindungan dan daya tahan sunscreen ini kurang kuat dibanding produk2 lain di pasaran. Saya bilang begini karena saya sudah pernah memakai produk ber-SPF 30/ PA+..  dari brand lain yang menawarkan perlindungan lebih lama dari ini.
Jadi saran saya, produk ini lebih cocok buat pemakaian sehari2 untuk orang yang aktivitasnya lebih banyak di dalam ruangan.

Yang saya suka dari produk ini :
- bagus secara kosmetika dan kenyamanan
secara kosmetika : hampir tidak ada white cast yg terlihat, karena tidak lengket maka mudah untuk dilayer dengan foundation atau bb cream setelahnya tanpa mengganggu coverage yg dibaurkan di atas layer sunscreen ini.
secara kenyamanan : teksturnya ringan dan mudah meresap, tidak lengket dan memberi rasa sejuk di kulit setelah dioleskan di wajah.
- tersedia di hampir semua supermarket di Indonesia
- melembapkan dan tidak berminyak
- baunya soft dan tidak mengganggu
- harganya terjangkau

Yang saya tidak suka :
- performa perlindungan sinar mataharinya kurang tahan lama dibanding produk lain
- terkadang membuat kulit saya terlihat kusam (ketika kulit saya mungkin sedang bermasalah)
- Terkadang saya mengalami 1- 2 jerawat kecil setelah memakai produk ini seharian.
- Belakangan saya tahu kalau produk ini mengandung turunan dari mineral oil atau petroleum derived substance, yaitu C13- 14 Isoparaffin. Mungkin ini yang menyebabkan efek kekusaman dan jerawat kecil yang saya alami setelah memakai produk ini seharian. Soalnya biasanya ini gejala penolakan kulit saya terhadap produk yang mengandung unsur mineral oil dan gabungannya.

Repurchase ? Tidak. Ini memang sunscreen dengan formula ringan yang lumayan nyaman dipakai sehari2, tapi sayangnya mengandung Isoparaffin dan UV protectionnya juga kurang kuat menurut saya dibanding produk lain yang pernah saya coba. Harganya memang terjangkau, walau demikian sepertinya saya ngga akan beli lagi.

Apa pendapat kalian? Ada yang pakai produk Wardah juga? Apa favoritmu dari brand ini?

Happy Ied Mubarak for those who celebrate : ) Hope God bless us always

7 comments:

Unknown said...

Recomend donk sunscreen/sunblock yg bagus dan perlindunganya kuat.
Td nya aq mw beli wardah sunscreen, tp katanya mudah luntur jd gx cocok bwt aq yg banyak kerja di lapangan.

Deasy W said...

aq si jarang pakai sunscreen terpisah. Biasanya aq pakai bb cream yang ada spf-nya. Tapi akhir2 ini aq biasa pakai base-nya Anna Sui yang spf 38. Skin Aqua ada yg ngeluarin spf 50, mungkin bisa dicoba.
hope that help y

Unknown said...

hai mbak, betul kata mbak, produk ini bikin muka kumus2 ! :(
aku kurang suka, baunya juga terllau menyengat.
aku nyesel beli ini. Hahaha :D

Mampir ya yolandangelina28.blogspot.com

Unknown said...

Halo kakak kakak semua minta advis nya donk..
Saya mau beli produk wardah nih, tapi bingung harus wardah yang mana.. Saya sih pengen ngilangin flek bekas jerawat. Thanks.

Unknown said...

saya bkn org yg sneng pke make-up byk2 ato tbel2.. kbtuln pke wardah purifying moiSturizer gel nahh klo lngsung pke luminous face powder abis pelembab ini bgs ga?? mau bli bedaknya soalnya..

Unknown said...

Temen sekolah saya pakai oriflame memang pertama dia pakai saya dan teman saya terkejut wajahya sangat putih, tetapi setelah 2 bulan kurang lebihnya, kulit teman saya munculjerawat yang lumayan , jadi takut deh pakai produk produk kosmetik

Unknown said...

Temen sekolah saya pakai oriflame memang pertama dia pakai saya dan teman saya terkejut wajahya sangat putih, tetapi setelah 2 bulan kurang lebihnya, kulit teman saya munculjerawat yang lumayan , jadi takut deh pakai produk produk kosmetik