Tuesday 27 March 2012

Fair & Lovely Krim Pencerah multiVITAMIN


(Catatan : review ini hanya untuk berbagi pengalaman, tidak ada unsur promosi atau motif lain)

Review : Fair & Lovely Krim Pencerah multi VITAMINTM



Maap atas gambar yang pas2an, maklum kamera ngga mumpuni :D

Deskripsi Kemasan :
Untuk kulit tampak cerah bersih
Mempersembahkan Fair & Lovely MultiVITAMIN dengan teknologi Tri-Fair Complex yang bekerja pada problema untuk mendapatkan kulit tampak cerah bersih*:
Penggelapan kulit, Noda pada kulit, Warna kulit yang tidak merata
Hasilnya Bukan hanya membuat kulit tampak cerah, tapi kulit tampak cerah bersih*
*Secara terukur menyamarkan penggelapan, noda pada kulit, warna kulit yang tidak merata dengan penggunaan teratur.

Kemasan : Sachet 9 gr (tersedia juga kemasan ukuran tube)

Ini situsnya :

Kali ini aku mereview produk yang lumayan murce keluaran Unilever. Sesuai deskripsi kemasan ini produk pencerah kulit. Unilever adalah worldwide brand dan produk ini udah dipasarkan di banyak Negara termasuk di sini (aq ngga tahu formula produk di tiap Negara sama apa ngga). Dulu produk ini booming di India dan laku keras di sana, mungkin karena harganya yang affordable n banyak yang cocok memakainya (ranked 4. in Economic Times survey of 180 top brands in 2001 and 2002 & ranked 7. in the Economic Times survey in 2004 India). Yah, namanya juga orang Asia, obsesinya pasti pengen punya kulit putih (termasuk juga yang nulis, ehm dulunya si he he).
Pertama kali tahu produk ini gara2 lihat iklannya Nikita Willy dan jadi penasaran, aku nyari di indomaret, alfa, giant dan hypermart ngga ada yang jual, sempet nyari di Boston Drugs juga. Kemudian, disuatu minggu pagi yang cerah dan bersinar (lebai…) aku nganter mama ke pasar, ngeliat kios sembako yang juga memajang rentengan sachet ini produk, langsung deh samber. Harga 1 sachet Cuma Rp. 3000 (Feb 2012), murce bo’. Aku cuma beli 1 sachet coz yang namanya produk murah selalu bikin aku curiga (semacam beberapa kali jadi korban beberapa produk brand lokal yang murce). Bahan2 aktif di krim ini adalah vitamin B3, derivat vitamin C dan vitamin E.

Kandungan Bahan :
Water, Staric Acid, Niacinamide, Glycerin, Isopropyl Myristate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Titanium Dioxide, Cetyl Alcohol, Dimethicone, Potassium Hydroxide, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Perfume, Sodium Ascorbyl Phosphate, Tocopheryl Acetate, Allantoin, Methyl Paraben, Phenoxyethanol, Propyl Paraben, Aluminum Hydroxide, Disodium EDTA, Pyridoxine HCl, Zinc Oxide, Alumina, BHT.


Tekstur :
Krim putih yang berwarna agak shimmer dikit, non greasy, wanginya mengingatkan wangi sabun mandi, ringan dan ngga lengket, mudah meresap dengan finishing matte yang meninggalkan efek ‘cerah’ instant di kulit setelah pemakaian (setelah berkeringat efek ‘cerah’nya memudar coz coverage krim ngeblend dengan warna asli kulit).

Kondisi dan problem kulitku : kombinasi-berminyak, sensitif, gampang terlihat kusam dan warna kulit ngga rata (Hi hi jadi malu)

Tekstur krim produk ini mengingatkan saya dengan Ponds white beauty, ada kemiripan secara sama2 keluaran unilever wajar saja lah. Pertama kucoba pakai di pagi hari, Cuma butuh sedikit aja untuk pemakaian ke seluruh wajah dan leher. Produk ini lumayan wangi menurutku tapi ngga mengganggu, wanginya mengingatkan aku sama bau bau sabun mandi (skincarenya unilever rata2 emang wangi) cmiiw. Teksturnya aku suka karena mudah meresap di kulit, non greasy, non sticky, ringan dan memiliki coverage tipis yang meninggalkan efek cerah di wajah seketika setelah diusapkan, tapi nantinya lapisan ‘cerah’nya memudar ketika warnanya ngeblend dengan warna asli kulit pas kita udah keringetan. Skali lagi ini mengingatkanku ama efek setelah memakai Ponds white beauty atau flawless white yang memiliki ciri khas efek yang sama. Krim ini ngga membuat kulit berminyakku tambah berminyak, kebalikannya, sepertinya ini krim punya unsur oil control.
                Aq memakainya sebagai dasar buat liquid foundie-ku, hasilnya lumayan bikin liquid foundie-ku lebih nempel di wajah. Kandungan pelembab di krim ini mungkin pas untuk kulit normal sampai kombinasi berminyak tapi aku rasa kurang moist untuk dipakai buat kulit kering atau kulit yang dehydrated. 3 minggu pemakaian, krim ini hanya sedikit mencerahkan kulit saja (hanya sedikit saja), dari awal aku emang ngga berharap banyak soal efek pencerah. Soal melembutkan kulit, aku ga bisa bilang coz ngga ngerasain efek itu.

Kelebihan :
- Harga sangat sangat terjangkau buatku (1 sachet = Rp. 3rb saja)
- 1 Sachet bisa tahan hampir 3 minggu (Irit bo’)
- tekstur ringan, mudah meresap, ngga lengket, ngga berminyak
- hasil matte dengan ‘coverage’ yang meninggalkan efek ‘cerah’ sementara di wajah
- ngga menyumbat pori dan ngga bikin komedo atau jerawat (di kulitku, tapi tiap orang beda, kalo yang lagi jerawatan jangan pakai ini)
- bisa dipakai buat dasar sebelum foundation
- ngga berminyak karena ini water based dan ada oil control
- cukup melembabkan
- ada bahan perlindungan UV meski ngga disebutkan Spf berapa

Kekurangan :
- Wanginya lumayan meski ngga bisa dibilang mengganggu
- mengandung alkohol
- efek pencerah hanya sedikit sekali hasil yang terlihat
- harus cepat diblend begitu krim dioleskan karena krim cepat mengering di wajah, kalo terlambat ngeblend, jadinya bakal ngga rata  
- Perlindungan UV-nya rendah (tidak disebutkan Spf berapa pula)

Yang mungkin cocok :
- menginginkan pelembab ringan untuk sehari-hari
- kulit normal sampai kombinasi-berminyak
- yang bisa toleransi alkohol dan parfum dalam skincare
- yang ingin mencari pelembab dengan finishing matte dan oil control lumayan

Yang mungkin tidak cocok :
- kulit kering
- tidak suka alcohol dan parfum dalam skin care
- butuh Spf tinggi
- Ingin krim dengan kandungan pelembab lebih banyak (rich n moist)
- Ingin memutihkan kulit (krim ini hanya sedikit mencerahkan)
- kulit sangat sensitif

Berniat untuk beli lagi? Mungkin. Krim ini lumayan cocok kujadikan dasar (base) buat alas bedak punyaku karena ini krim bisa ngeblend dengan gampang dan membuat alas bedak lebih menyatu dengan kulit. Dan yang penting, harganya sangat terjangkau, bener2 irit bo’!

Update :
Setelah sering dipakai, di kulitku makin lama koq agak kering ya, semacam oily-dehydrated gitu. Sepertinya aq kurang cocok kalo dipakai buat sehari2, mungkin sesekali dipakai buat dasar foundie aja gpp kali ya.
Ini pengalamanku, bagaimana pengalamnmu? Bisa share di komentar ^^


54 comments:

anitawidip said...

halo salam kenaaaal :)
aku juga mereview produk ini, tapi aku ga suka nih, ga cocok.. kalo dikulitku malah jadinya 'berantem' sama foundie-ku.. eh folbek aku ya klo ga kberatan :)

littlecupcak.blogspot.com

Deasy W said...

halo, thanx udah mampir ksini :)
wah ngga cocok sama foundie-mu ya, kamu pakai foundie apa say?
sebelumnya aq pakai ini buat primer foundie juga, dulu aq suka pakai foundienya wardah kalo ke acara2 pesta. produk ini juga pernah aq jadikan primer buat bb cream silky girl pun baik2 saja. Hmm... mungkin tergantung formula tiap produk kali ya, kebetulan aja produk yg aq tumpuk2in cocok.

aq udah ngga pakai produk ini lagi coz produk ini lama2 bikin kulit aq jadi kering gitu, selama aq bisa afford produk yang lebih bersahabat di kulit, mungkin aq ngga akan beli yg ini lagi he he...
aq udah mampir n follow ke blogmu jg, say, nice blog u got there :)

Kinanti Pangestu said...

Alhamdulillah, selama aku pake krim ini gaada yang aneh-aneh sm wajahku. Beranjak dari Ponds ke Fair and Lovely ini, malahan tratak aku itu sedikit-sedikit menghilang dan skrg kulitku terlihat agak cerah & bersih.

Deasy W said...

@Kinanti : Wah, dirimu cocok ya, senangnya, ini produk lumayan murmer si.
Makasih udah berkunjung ke sini :)

Anida Hoirunisa said...

Mm, kulit kamu kan juga sensitif, sama kaya kulit aku ..
Kulit aku kan ada kaya bintik2 kecil gitu, banyak lagi, jadi kulit aku ga rata :D Bisa ga ngeratain kulit? (Maksudnya memperhalus-__-")
Trus kalo udah dipake, jadi agak gatel2 dikulit, lanjutin dipake jgn?

Deasy W said...

Wah, kalau kulit kamu sensitif, aq sarankan jangan pakai produk ini coz menurutku produk ini agak keras, kandungan pewanginya juga banyak.
Mungkin bisa coba cari produk lain yg minim kandungan pewangi, non alkohol, non mineral oil dan yang formulanya lembut.

Anida Hoirunisa said...

Kira2 yg cocok buat kulit sensitif apa ya? -___-"

Deasy W said...

Tiap orang bisa beda2, kalau saya, yg sekarang saya pakai itu Skinfood emulsion yg seri parsley mandarin.
ini review saya:
http://baladapenulisamatir.blogspot.com/2012/03/skinfood-parsley-and-mandarin-emulsion.html

Tapi kalau buat mencerahkan, coba aja skinfood yang seri omija, ini yg udah pernah aq review:
http://baladapenulisamatir.blogspot.com/2012/06/skin-food-omija-whitening-serum-review.html
ini cocok dipakai buat malam hari.

tiap orang beda2, saya sarankan coba samplenya atau colek2 dulu di konter skinfood sebelum beli yg botol penuh :)

Annida Hoirunisa said...

Waaw, makasih banyak ya sarannya :D
Followback blog aku yah bdksundanida.blogspot.com
thx^^

Deasy W said...

Hai Annida
coba lihat di daftar GFC-mu, saya sudah nampang di sana^^

Annafi said...

aku nemunya yg tube..padahal mau coba aja -_- Nice review!

Deasy W said...

biasanya yang sachet itu dijual ditoko2 kecil atau di pasar malahan, dear
kalau di mall atau toserba si jarang jual yg sachet.
thank u for visiting here

Unknown said...

aku lagi hamil,umur kehamilanku sudah 22 minggu,lagi cari2 produk yg aman untuk aku dan janinku,awalnya ku perawatan di Medisa,tp menurut dokter kandunganku,sementara hamil tidak boleh dipakai dulu,jd aku coba pake fair n lovely kira2 itu aman gak yah untuk wanita hamil.

alvi said...

Untuk cowo boleh gak?

Unknown said...

hmm...kalau udah makai krim fair lovely boleh langsung pakai alas bedak yg lain gak ya?

Unknown said...

aku juga make produk ini lohh :)
tapi kalo boleh tau fair n lovely apa cuma pelembab saja ? gak ada product lain kah ?

Unknown said...

Produk apa saja sih yg ampuh untuk mencerahkan kulit?

Qinara said...

Sya pkai ni produk mta jd bengkak..wjah sya merah kyk udang rebus

Anonymous said...

Saya mau nanya cara menghilangkan jerawat dong. Jdi wajah saya brjerawat gara2 saya salah pake produk. Skrng jerawatnya malah keterusan gini gak ilang2, ada yg bisa kasih masukan barang kali, thanks

Unknown said...

Pengen nyoba pake produk ini tapi masih takut , soalnya udh lama ga pake apaapa cuma pake air aja hehe

Unknown said...

setelah ku nyoba,,,,Kalau gatel di wajah itu penyebabnya apa yaa?? Atau mungkin kulitku yg kering????

Unknown said...

Naila make cuma jadi timbul gatal gatal.
Jadu takut apa ini reaksi?

Deasy W said...

Dear semua :)
Maaf ya baru balas soalnya baru aktif lagi buka blog setelah berbulan2.
Sekarang saya coba jawab satu2 ya.

Kalo sedang hamil, saya sarankan menghindari produk2 pemutih wajah dalam bentuk apapun. Itu yang pernah saya dengar dari beberapa dokter.

kalau kulit kamu lagi sensitif baiknya jangan pakai produk ini karena beberapa kandungannya tidak untuk kulit sensitif

kalau timbul kemerahan atau gatal2 setelah memakai suatu produk, lebih baik dihentikan saja karena berarti produknya ngga cukup lembut buat kulitmu. Cari produk lain yang berlabel hypoallergenic dan safe for sensitive skin kalau mau aman.

Sebenarnya produk pemutih itu ada banyak, tapi ya itu, cocok2an. Kalau sedang berjerawat, saya sarankan untuk mengobati jerawatnya dulu dan jangan memakai produk whitening dulu.

Setahu saya fair n lovely yang beredar di indonesia ya baru ini. Cmiiw sich soalnya saya juga kurang mengikuti info soal brand ini.

Kalau berjerawat, saya sarankan pakai perawatan yang khusus jerawat, mulai dari sabun cuci muka dan obat serta masker untuk jerawat. Lalu hindari terlalu sering makan makanan berlemak dan goreng2an. Perbanyak air putih, sayur dan buah2an.

Ca said...

Kak buat cerahin kulit wajah pake apa ya biar cepet? Aku kls 3 smp, muka aku gelap trus warna nya ga merata, kalo pake fair and lovely ini kira2 ampuh ga? Kalo iya butuh waktu brp lama? thanks before:)

Unknown said...

Bio assense warna putih

Unknown said...

kat mana ada jual Krim Fair & Lovely ini?

Unknown said...

Kulit ku jadi gatel pertama kali pake . Sebaiknya lanjutin apa jangan ?

Unknown said...

Saya pertama kali pake ini dan wajah saya jd gatel lanjutin jangan ?

Unknown said...

Klo aq ga cocok dech kykny, pertama make mlm hri sblm tidur n paginy stlh aq cuci muka malah gatal2, lamaaa pula hampir 12jam gatal2ny ga brhenti smpai bengkak di selaput mata..esokny ga aq pke lg, dan 2 mnggu kmudian krn penasaran q pke lg ehhh hasilny tetep sm gatal2 hebat menyerang lagi..mgkn emang ga cocok kali ya sm kulit q

Unknown said...

Ohh ya Kak ... Kenapa ya klo Makek itu kulitku kyak terkelupas gitu??

#mohonpencerahaannya

lara meiti said...

Aku juga pake pelembab ini, cocok banget buat kulit aku yang gak bisa diatur. Dulunya kulit wajah ku berjerawat, banyak komedo, mudah berminyak, dan pori-pori nya jelas terlihat. Tapi setelah beberapa bulan aku pake fair and lovely semuanya jadi gak kayak dulu lagi, wajah ku cerah, noda hitam hilang, komedo hilang, dan wajah jadi mulus. Baru kali ini ada pelembab yang cocok sama wajah aku. Aku juga awalnya liat iklan nya nikita willy :D

lara meiti said...

Dan teman2 ku pada bilang "kamu kok sekarang wajah nya beda, jdi lebih cerah, jerawat jga ilang dll. Kamu pake bedak apa?" hihi

Unknown said...

Article and information very good. Nice, interesting and useful
thank you for sharing.. I liked it, because it is very nice
visit Toko Obat Ace Maxs

Anandita Eka said...

Aku awalnya ya cuma coba-coba. eh ternyata enak. pas pertama dipakek di kulit itu dingin. terus kan aku niatnya mau ngilangin belang karena bekas kerudung di pipi, lama kelamaan ilang. tapi emang lama-lama bikin kering di kulit. jadi jangan pake sering sering.

Anonymous said...

Salam
Aku punya masalah sama tratak dwajah ni. Bs gak ya pake fair n lovely ni soalnya q pake citra pink orchid gak ngefek. Putih se tp trataknya masih. Gmn tu kawan, bagi solusinya?

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Ass
Aku pk fair and lovely ini malah kulitku jd kering n parah banget deh.. Ada solusi ga?

Unknown said...

aku baru pake beberapa hari udah terasa bgt kulit ku jadi kering, biasa nya pake BB Cream Pixy..
dulu waktu SMP pernah pake si cocok* aja, maka nya aku coba pake lagi.. ternyata bikin kulit ku kering :'(

Unknown said...

Teman aku pernah pake, tapi malah timbul jerawat.
Tips Mengatasi Perut Kembung Dan Mual

Unknown said...

kalau sudh pakai fair and lovely kira2 produk pendukungnya apa? soalnya kalau sy pakai sabun muka dr ponds malah jerawatan.

Unknown said...

kalau sudh pakai fair and lovely kira2 produk pendukungnya apa? soalnya kalau sy pakai sabun muka dr ponds malah jerawatan.

Unknown said...


Baca deh:
http://www.dermatocare.com/product/fair-lovely-advanced-multivitamin-cream-dermatocare-s-beauty-product-reviews/12
sekalian :
http://www.dermatocare.com/blog/5-Adverse-Effects-Of-Parabens-That-Cosmetic-Industry-Does-NOT-Want-You-To-Know
Bikin bingung ya?

Unknown said...

Aq mau review juga. Kok habis pake ini kulit jwanah ku jadi gatel gatel ya , ada yg bisa jelasin gak , gk cocok atau apa

Unknown said...

Permisii, aku jg bru nyoba pke produk ini slma 2 hari, dan hasilnya mlah jd gatal" gitu, gmn yah terusin atw jangan ? Terimakasih sblmnya

Make up is my live said...

Kunjungi blog aku ya naturallookdaily.blogspot.co.id ^^

7u3n5i said...

Duh...bingung gimana cara mncerahkn wajahku selama masa hamil mau pke krim pemutih gk boleh,tolong saran nya dong mbak

Nao chan said...

Baru 2hari nyoba fair n lovely.. Sebenarnya g coba2 sih tp uda niat bgt... Menurutq kq g ada yg cocok di dempul apa aja ni muka bandel q.. Abis treatment ngilangin jerawat n g muncul lagi setelah 1 mgg aq niatkan pake ini produk. . selain murah juga dimana2 ada.. Alhasil baru 2 hari aq g ada efek buruk apa2.. Mudah2an cocok selamanya.. Noda bekas jerawat juga memudar.. Semoga gini terus... Biar g usah gabti produk.

Sania Dwi said...

Sama, aku juga gitu

clara said...

waktu pertama kali aku pake fair&lovely ini wajahku langsung panas terus merah dan muncul bintik bintik dan gatal-gatal. apakah ini membahayakan pada kulit wajah? apa yang harus aku lakukan jika terjadi seperti ini? dan produk apa yang bagus untuk kulit kering dan sensitif?

Kartika rifa said...

Untuk dark circles worth ga ka?

Unknown said...

Dulu nya aku pakek ini,dan gak pakai face wash ,cmn pakek fair&lovely sma bedak marina aja,waktu itu muka aku lg bagus bagus nya mulus banget,tpi karna aku ganti makek bedak sma aku tambah oakek face wash acnes yg untuk oil control muka aku jdi agak kering bruntussan jerawatan,sekali nya aku balik lgi pakek fair and lovely malah gatel di muka dan nambah bruntusaan:"sedih banget:"

Unknown said...

Coba pake sabun muka acnes creamy wash

meliyati said...

Ka mau nanya..aku pakai pembersih muka fair & lovely,krim nya krim collagen..kalo gitu boleh ga sih? Thx..

Unknown said...

Untuk kulit kering bsa gk? Atau mlah tmbh kering?