Monday, 20 May 2013

Base Review : Sariayu Alas Bedak Whitening Aromatic

Hi, there
This is one among the times when I'd like to write review in my national languange, Bahasa Indonesia. The product I tell in this post is from local Indonesian Brand, Sariayu Martha Tilaar. But don't worry, for foreign readers, that's why I attach translate button on my side bar :)
So here we go.

Sebelumnya saya pernah memposting belanjaan khilaf saya di post yang INI. Kenapa saya sebut belanja karena khilaf? Soalnya beberapa produk tersebut sebenarnya saya udah ada stok di rumah. Tapi tergiur beli gara2 embel2 diskon. >.< kata2 'diskon' atau 'sale' bener2 mujarab bikin perempuan lupa diri, bahkan lebih dahsyat daripada rayuan maut lelaki manapun, ha ha...
Waktu itu ada diskon lumayan gede buat pembelian eye shadow ama lipsticknya, berhubung kalap belanja, maka alas bedak ini saya samber sekalian.
'
Ini gambar yang saya peroleh dari webnya Sariayu


Sebenarnya saya ngetes produk ini sudah berbulan- bulan yang lalu. Begitu beli, ngga lama setelah itu saya coba pakai. Tapi yach draft reviewnya udah ngendon berbulan2 di tumpukan file saya, menunggu untuk dipublikasikan.

Harga : IDR 6000-an, lupa tepatnya. Bisa diperoleh di gerai Puriayu atau konter Sariayu terdekat.

Penampakan depan, maap kalo kamera hp saya jelek. 
Tapi orangnya cakep kok, percaya dech :) *plakk

Ini deskripsi yang saya ambil via web :

Manfaat
Membantu mencerahkan kulit wajah. 

Kandungan
Ekstrak Kembang Sepatu/Hibiscus Rosa Sinensis Flower Extract,
minyak esensial cendana,
tabir surya, pelembab alami.

Cara Pemakaian
Usapkan merata pada wajah yang telah dibersihkan
dan gunakan sebelum mengaplikasikan bedak.

Kemasan : botol plastik, perlu ditekan sedikit untuk mengeluarkan isinya. Hati2 kalau mencet botolnya, coz bisa jadi isi yang keluar terlalu banyak.

Shade : Yang saya beli Kuning Pengantin, milih yang ini soalnya ada warna beige-nya. Biasanya saya kalau shade bedak atau foundie, cocok cenderung yang warna beige. Pilihan shade yang lain terlalu 'kuning' buat warna kulit saya. Saya ngga cocok pakai shade yang kesan warna kuningnya kuat coz bikin muka saya terlihat agak aneh atau malah kusam.

Texture : Encer, watery, baunya lumayan kenceng khas foundie Sariayu, aromatic flowery powdery gimana gitu. Ah, saya kurang ok kalau ngasi deskripsi soal aroma. Saya sebenernya kurang suka juga baunya. Soal cepet keringny si standar, ada cukup waktu buat meratakan foundie ini sebelum dia benar2 kering di muka.

Finish : matte, agak powdery, no shimmer, coveragenya sheer.

Foundie ini bisa menutupi kemerah- merahan di kulit saya yang acne- prone, juga bisa memperbaiki tampilan warna kulit saya yang tidak rata. Tapi tidak untuk menutupi pori2 saya yang gede dan bekas2 jerawat yang menggelap.

Pertama kali saya coba foundie ini di minggu pagi hari yang cerah pas mau keluar jalan2 ke mall. Pertama kali diratakan di wajah, ya okelah saya kira, sheer coverage n ngga terkesan medhok asal ngga kebanyakan pakainya. Setelah pakai alas bedak ini saya cuma menambahkan bedak tabur aja di atasnya. Lalu kira2 2-3 jam kemudian saya keringetan trus tap pelan2 wajah saya pakai tissue, warna foundie ini luntur ke tissue yang saya pakai. Merasa was- was, saya ngaca di toilet. Buset, warna alas bedaknya mengalir turun bersama keringat saya. Ditambah lagi kulit saya yang berminyak bikin alas bedak ini cakey bener di muka. Kacau gitu jadinya. Berhubung saya ngga sabaran, saya langsung cuci muka aja.
Untungnya ini alas bedak guampang banget dibersihkan dari muka saya. Dikasi air aja udah luntur sebagian besar. Tinggal pakai facial wash udah bersih dech wajah saya.

Jadi, saya sama sekali ngga merekomendasikan produk ini buat kulit berminyak ataupun kombinasi. Mungkin produk ini paling cocok buat orang yang kulitnya kering kali ya, soalnya alas bedak ini ngga mampu nahan minyak ataupun keringat berlebih di muka. Ngga bisa buat panas2an.
Jadi foundie ini cocok mungkin buat yang aktifitas indoor atau di ruangan ber- AC aja menurut saya.

Sayang sekali foundie ini keburu dikasihkan tetangga saya yang biasa pakai produk Sariayu sebelum sempat saya tulis ingredient list dan informasi di belakang botolnya, ah kenapa bisa lupa juga saya. Mau saya pinjem lagi tapi ngga enak coz udah dikasihkan.

Sisi plus dari produk ini :
- murah syalala, gimana ngga coba, ngga nyampe IDR 10k
- gampang banget didapet ampe di pasar atau toko2 kosmetik kecil pun jual (buat yang tinggal di Indo)
- yang namanya produk lokal, pilihan warnanya pas donk tentunya dengan kulit orang Indonesia
- ringan di kulit

Sisi minus dari produk ini :
- coveragenya gampang banget mleber kalo kena air/ keringat
- ngga tahan lama di muka
- ngga cocok buat kulit sensitif, berminyak apalagi acne prone
- cakey
- coveragenya tipis dan ngga mampu menutup noda serta pori2 yang besar

Beli lagi? Tentu saja tidak.

Sebenarnya saya ngga tega kalau terlalu menjudge produk dengan harga semurah ini. Gimanapun saya tetap salut dengan komitmen Sariayu dan brand lokal Indonesia lainnya yang sudah berkomitmen untuk menyediakan produk2 kecantikan dengan harga terjangkau buat perempuan Indonesia.
Bener2 salut atas pengertian mereka terhadap daya beli masyarakat.
Moga untuk ke depannya brand2 lokal Indo bisa terus memperbaiki kualitas produk2nya biar ngga kalah digerus brand asing apalagi makin banyak brand Korea yang udah masuk ke Indonesia.

Ada yang pernah coba juga di sini? Gimana pendapat kalian?

4 comments:

Defiana Tintas said...

aku pernah pake foundie ini juga,tapi terasa panas di wajah,terutama di daerah dekat tulang pipi..tp kebanyakan produk kosmetiknya sariayu emang bikin mukaku panas,tp kalo skincare nya engga..hihi...aneh ya?

Queen D said...

wah, mbak, brarti kulitmu sensitif sama bahan2nya alas bedak ini. Kalau di aq si, produk ini malah bikin mukaku yang udah oily jadi makin oily.
skincare Sariayu orang2 sekelilingku juga banyak yang pakai n cocok, tapi sayangnya di aq ngga cocok.

kayaknya alas bedaknya SA emang ga ok.

thank u uda main2 ke sini :)

Indah Rizky Febrianti said...

Permisi mau nanya nii mb...
Saya pelajar SMU,16 thn
Kulit saya berminyak juga waktu ini merah2 akibat jerawat...
Disamping itu saya juga ingin kulit saya putih seperti teman2 saya
Produk yang mana yg pantas saya pakai #sariayu

Indah Rizky Febrianti said...

Permisi mau nanya nii mb...
Saya pelajar SMU,16 thn
Kulit saya berminyak juga waktu ini merah2 akibat jerawat...
Disamping itu saya juga ingin kulit saya putih seperti teman2 saya
Produk yang mana yg pantas saya pakai #sariayu

MY BLOG, ROOM FOR MY IDEA, SHELTER FOR MY EXPRESSION, HOME FOR MY THOUGHTS
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software