Friday, 4 April 2014

Rohto Mentholatum Face on Face Nourishing Two Way Cake Charmy Pink First Impression

(This Rohto Face on Face Two Way Cake is marketed in Indonesia, so I’ll speak using Bahasa. If u are foreign readers, please use the translate button on my side bar, thank u for visiting my blog )



Hai, pembaca semua

Saya kembali lagi dengan update baru. Kali ini masih seputar drugstore product yang harganya terjangkau. Yang lagi pengen nyari bedak padat atau two way cake dengan harga ramah di kantong, yuk merapat sini.

Akhir2 ini saya lagi gemar browsing2 ke swalayan buat nyari alternatif make up dan skincare yang harga per buahnya under IDR 40.000 dan bisa cocok sama kulit saya serta nyaman buat saya pakai dalam jangka waktu lama. Kalo produk make up dan skincare dengan harga semi mid- range, mid- range, semi- premium dan premium yang bagus kan banyak tuh, saya juga udah nemu beberapa juga yang saya suka. Tapi saya sekarang ini pengen hunting produk2 yang bisa sreg dengan kulit saya dengan harganya terjangkau jadi ngga bikin kantong jebol meski repurchase bolak balik. ‘Terjangkau’ yang saya maksud di sini itu di bawah IDR 40.000. Ok, ini tantangan tersendiri yach buat saya.

Kapan2 saya pengen bikin posting yang isinya budget friendly product, yaitu list untuk produk make up dan skincare yang harga per itemnya di bawah IDR 50.000 dan di bawah IDR 40.000, dimana produk2 tersebut ramah di kulit serta cocok dengan saya.
.
.

Tanggal 1 April kemaren tu ceritanya saya dan honey mampir ke Hypermaret. Saya lihat di katalog, banyak produk kosmetik yang lagi diskon termasuk Face on Face ini. Oh ya, saya perhatikan di Hypermaret, produk Rohto itu lumayan sering kena diskon, beberapa bulan lalu juga saya beli sunscreen SKINAQUA sama make up remover pas ada diskon. Saya udah lama penasaran sama Two Way Cake punya Face on Face. Bulan lalu saya sempet posting soal Loose Powder dari brand yang sama dan saya ngga suka, nah kali ini saya cobain Two Way Cake-nya, kali aja hasilnya beda.

Tampak atas kemasan bedak


 Tampak bawah kemasan bedak

Saya dapatkan Two Way Cake Face on Face ini dengan diskon 40% yaitu hanya IDR 18.420, sedangkan harga normalnya IDR 30.700. Langsung saja saya samber, sodara2, he he… Oh ya, di katalog Hypermart awal bulan ini juga disebutkan diskon 40% + gratis Face on Face make up remover, tapi removernya saya ngga dapet >.<’ kehabisan kayaknya. Saya dapet produk yang exp date-nya 11.14, nopember tahun ini >.< wah berarti harus cepet dihabiskan nich, ngga boleh ditimbun lama2 >.< Saya lihat di rak waktu itu juga semua produk yang didiskon exp date-nya pada tahun ini >.<
.
.

Keterangan di web Rohto :
  • Improved Hyaluronic Acid yang menjaga kelembaban kulit wajah 2X lebih baik 
  • Vitamin E untuk antioksidan dan menutrisi kulit cantikmu selagi memakai make up
  • Double Sunscreen Agent untuk perlindungan kulit dari sinar UVA & UVB
  • Mineral Oil Free sehingga lebih lembut untuk kulitmu
  • Oil Control & Shine Free Agent untuk penampilan bebas kilap lebih lama.
·         Cara Pakai :
·         Usapkan pada seluruh wajah dan leher

·         Tersedia dalam 5 pilihan warna 



Keterangan di kotak kemasan :

Mentholatum Face on Face Nourishing Two Way Cake
Charmy Pink
With Improved Hyaluronic Acid*
For Ultimate Skin Hydration
2x Moisture Retention Capacity of Hyaluronic Acid

· Improved Hyaluronic Acid* for Ultimate Skin Hydration.
· Vitamin E as Skin Nutrition and Antioxidant.
· Double Sunscreen Agent
· Mineral Oil free
· Oil Control & Shine Free

Perpaduan bedak dan foundation yang optimal untuk menyempurnakan tatarias. Diperkaya dengan bahan- bahan yang baik untuk menutrisi dan menjaga kelembaban kulit.
Mengandung Improved Hyaluronic Acid* yang mampu menjaga kelembaban kulit 2x lebih baik dibandingkan Hyaluronic Acid biasa serta membantu menjaga kelembutan dan elastisitas kulit.
Vitamin E merupakan vitamin yang baik untuk kulit, sebagai antioksidan dan menutrisi kulit selagi memakai make up.
Double Sunscreen Agent melindungi kulit dari radiasi sinar UVA dan UVB serta merawat keremajaan kulit.
Oil Control & Shine Free Agent untuk memberikan hasil akhir penampilan yang memukau dengan kulit lebih halus dan bebas kilap lebih lama.

Cara pakai :
Usapkan secara merata pada wajah dan leher. Dapat digunakan sebagai bedak/ foundation. Sebagai foundation, basahi spons sedikit hingga lembab; sebagai bedak gunakan spons kering. Gunakan setiap hari.

*Hyaluronic Acid yang sudah dimodifikasi dengan kemampuan melembabkan lebih baik dibandingkan Hyaluronic biasa.

Komposisi :
Talc, Methicone, Mica, Aluminum Starch Octenylsuccinate,
Ethylhexyl Methoxycinnamate,
Nylon- 12, Benzophenone-3, Cyclomethicone,
Dimethiconol, Tocopheryl Acetate, Octyidodecyl Stearoyl Stearate,
Methylparaben, Propylparaben,
Sodium Acetylated Hyaluronate, Fragrance,
(+/- Cl 77891, Cl 77491, Cl 77492, Cl 77499)
Netto : 11 g

Manufactured by :
PT. Cedefindo, Bekasi- Indonesia
For & Distributed by :
PT. Rohto Laboratories Indonesia
Licensed by :
The mentholatum company, new york, usa
---

Shade Charmy Pink punya saya
Maap camera tidak memadai, aslinya lebih terang dari gambar

Pilihan Shade :
Saya sempat bingung pas milih shade-nya. Setahu saya warna Two Way Cake Face on Face ini ada banyak. Di rak kemaren hanya ada 4 pilihan, Silky White, Charmy Pink, Natural Yellow, sama Tropical beige. Kalau Natural Yellow udah jelas ga saya pilih yach karena saya sebelumnya udah cobain loose powder dari brand yang sama dengan shade tersebut dan warnanya menurut saya terlalu kuning mateng gitu. Nah ngeliat tropical beige koq berkesan gelap di pan-nya, saya takut kegelapan buat saya. Kalau Silky White udah pasti bakal terlalu putih di muka saya. Wah stok Two Way Cake-nya kurang satu shade lagi nich, shade tengah2 Vanilla Beige yang setahu saya banyak saya baca reviewnya dan rata2 beauty bloggers yang kulitnya warna medium cocok dengan shade tersebut. Stok warna Vanilla Beige yg saya cari ngga ada.
Akhirnya saya pilih Charmy Pink ini yang saya rasa masih bisa masuk ke kulit saya. Selama ini saya sudah nyobain bedak2 yang shadenya ada sentuhan pinknya itu sering masuk dan bagus aja di kulit saya daripada bedak2 yang kuning mateng atau kuningnya terlalu kenceng. Makanya saya pilih Charmy Pink ini.
.
.

Ruang Pan bedak
Ada lembaran plastik di atas pan bedak pas baru beli

 Ruang tempat spons

Packaging :
Kotak dus bedak Face on Face ini dilengkapi segel perekat ketika pertama kali sampai di tangan saya. Dusnya berwarna gradasi pink putih.

Ngomongin soal packaging nich, saya suka sama desainnya. Pink dan simple, benar2 girly dan remaja banget, mencerminkan saya (*remaja tahun kapan coba saya ha ha…). Memang plastic casingnya bukan yang dari bahan tebal dan berat tapi juga ngga terlalu tipis dan terlalu ringkih seperti tutup pink atas Loose Powder dari brand sama (sudah pernah saya review sebelumnya).
Tidak seperti kemasan Loose powdernya, ukuran casing Two Way Cake Face on Face yang bundar ini diameternya termasuk besar/ lebar ya, tapi mantep dipegang menurut saya, juga ngga gampang keselip di tas. Walau besar tapi masih muat di pouch koq. Ukuran diameternya 7,5 cm dan tebalnya sekitar kurang lebih 2,2 cm. Diameternya hampir sama dengan bagian terpanjang panjang casing All in One Base punya The Body Shop, hanya saja bentuk casing AIO Base punya TBS kan agak oval. Tapi kalau soal tebal, ukurannya masih bulky punya AIO Base The Body Shop.
Casing Face on Face TWC di bagian engsel sambungannya itu kayaknya gampang patah kalau casingnya jatuh. Jadi buat temen2 yang punya TWC ini harap berhati2 (sembari mengingatkan diri sendiri juga). Wadah sponsnya ada di bawah ruang pan bedaknya, jadi terpisah. Saya cukup suka yang begini, lebih higienis, jadi sponsnya nyimpennya ngga jadi satu sama bedaknya. Si bedak jadi lebih terhindar dari kontaminasi spons yang sudah berulang kali dipakai.
.
.
Ada lembaran plastic di atas pan bedak, kalau saya sarankan jangan dibuang. Karena itu buat pembatas antara cermin dan pan bedak karena saya amati jaraknya cukup dekat ketika casingnya ditutup. Nah, berhubung bedak padat ini teksturnya cenderung menyerbuk gitu (susah cari istilah yang pas, maksudnya partikelnya gampang bertaburan), jadi kalau tanpa lembaran plastic itu, tiap kali buka casingnya pasti ada sejumlah serbuk bedak yang nempel di kacanya, bikin kacanya jadi burem dan harus dilap dulu gitu. Punya saya lembaran plastiknya udah saya buang karena terjatuh >.<

Soal spons bawaannya, saya rasa kualitasnya standar saja, ngga halus2 banget tapi cukup lumayan buat memulaskan Two Way Cake secara baik dan merata di wajah.
.
.
Tekstur :
Bedak Two Way Cake ini teksturnya cenderung menyerbuk, jadi partikelnya gampang bertaburan gitu, dan kalau terjatuh kemungkinan juga bedak di pannya gampang ambyar. Tekstur partikelnya cukup halus menurut saya. Bagusnya bedak ini mudah diambil dengan spons, juga gampang banget diratakan di wajah. Kalau saya biasanya cukup ditap2 lembut dan dibaurkan dengan spons ke seluruh bagian wajah. Tekstur bedak ini setelah diaplikasikan tergolong terasa ringan di kulit.
Bedak ini memang ada fragrancenya, tapi menurut saya baunya ngga terlalu kenceng koq dan tidak mengganggu. Karena baunya bakal langsung hilang setelah bedak disapukan ke wajah.
Saya belum coba gimana perubahan teksturnya kalau dipakai dengan spons basah. Saya pakainya baru spons kering aja.

.
.
Finish :
Finish Face on Face Nourushing Two Way Cake ini matte, tapi masih terkesan natural, tampak ringan di kulit tanpa ada kesan berat (pemakaian spons kering). Coveragenya sheer to light menurut saya, jadi ngga bisa menutupi noda2 gelap bekas jerawat di muka saya. Coverage ringannya di muka saya berfungsi menyamarkan kemerahan dan membantu meratakan tampilan warna kulit serta memberikan tampilan yang segar. Kalau 1 kali sapuan, hasilnya bakal sheer, biasanya saya pakai 2 kali sapuan buat menghasilkan light coverage. Dan saya bisa pakai 3 kali sapuan agar dapat daya tutup lebih, terutama buat area2 yang banyak noda2 bekas jerawatnya. Two Way Cake ini hasilnya ngga cakey ataupun menggumpal walau dilayer. Mungkin kalau ngelayernya kelewat kebanyakan, bakal kelihatan agak chalky.
.
.

Shade Charmy Pink ini sebenarnya agak sedikit terlalu terang dibanding warna kulit asli saya, tapi pas diapply masih masuk dan ngga kelihatan kayak pakai topeng tebal, mungkin juga karena coveragenya light ya. Sepertinya beberapa saat setelah disapukan, bedaknya ini warnanya agak membaur dengan tone kulit saya.
.
.
Pas saya pakai kacamata, saya selalu memperhatikan ketika melepas kacamata, bedak ini bergeser di area hidung tempat dimana kacamata bersandar dan ada sedikit menggumpal di situ. Tapi setelah dibaurkan sebentar dengan jari udah bisa rata lagi koq. Ini problem yang biasa saya alami juga dengan bedak padat lainnya. Buat kamu yang pakai kacamata, sebaiknya periksa area wajah dimana kacamata bersandar ketika melepas kacamata, buat memeriksa bedak yang bergeser atau menggumpal dan perlu dibaurkan ulang di area tersebut.
.
.
Bedak ini judulnya Two Way Cake tapi formulanya ringan dan coveragenya juga light. Bagusnya selain sebagai powder foundation, ini bisa dipakai buat finishing powder di atas BB Cream atau liquid atau creamy foundation, sama buat dipakai touch up, ya seperti fungsi bedak padat gitu. Bedak ini kalau dipakai touch up ngga cakey koq.
.
.
Ketika muka saya mulai berminyak, bedak ini juga ngga gampang ‘bergeser’ atau jadi ngga rata. Tapi tetep ya, lebih baik segera pakai blotting paper atau tissue kalau wajah sudah mulai berminyak biar tampilan bedak tetep bagus dan ngga smear kalau disentuh.
.
.
Ketahanan :
Saya sudah coba pakai bedak ini di atas SKINAQUA Moisture Milk SPF 50 (pernah saya review juga). Waktu itu kegiatan saya separuh di indoor separuh lagi di outdoor dan cuaca sedang panas. Bedak ini bisa menempel baik selama kurang lebih 3 jam, selebihnya sebagian besar sudah bubar jalan dan perlu ditouch up. Saya ngga heran yach karena kulit saya memang berminyak dan banyak bedak two way cake yang saya pakai tanpa primer atau base foundation memang daya tahannya segitu. Mungkin kalau hanya di dalam ruangan apalagi ber-AC, bedak ini bisa tahan lebih lama.
Two Way Cake ini kemungkinan ketahanannya tampilannya bisa lebih lama pada kulit normal atau kering.

Sudah saya coba juga buat ngeset BB Cream dan hasilnya pun bagus. Kalau sebelumnya diapply base dulu, ketahanannya bisa lebih lama.
.
.

Oil Control :
Bedak ini bagus buat saya gunakan sebagai finishing powder, karena formula bedaknya ringan. Oil controlnya standar kalau saya bilang, pas saya pakai di atas SKINAQUA Moisture Milk, 2- 2,5 jam kemudian T-zone sudah mulai berminyak.

Saya rasa bedak ini bisa dipakai sama semua jenis kulit ya, tapi buat yang kulitnya super berminyak mungkin bakal ngerasa kalau bedak ini gampang hilang atau oil controlnya kurang. Kalau di saya, bedak ini bagusnya tetep bisa menjaga kelembaban kulit sembari menyerap minyak berlebih walau oil controlnya di saya tergolong standar alias masih kalah dengan Dual Function Cake lain yang pernah saya coba (dan lebih mahal XD).
---
Saya salut buat Rohto yang sudah menyediakan kebutuhan Skincare dan make up dengan harga yang terjangkau tapi kualitasnya lumayan. Ini sangat membantu banget bagi masyarakat dengan anggaran sangat terbatas seperti saya ini, jadi bisa tetep merawat kulit dan berdandan tanpa keluar duit banyak :D
Saya harap Rohto terus mengembangkan inovasinya terkait dengan formula produk sehingga lebih meminimalkan penggunaan ‘harsh ingredients’ dan lebih banyak lagi menggunakan bahan2 alami.

Berikutnya yang masuk dalam daftar wishlist saya adalah eye shadow Face on Face yang pink sama blush on-nya yang pink juga :D Banyak blogger yang bilang kalau dua produk itu bagus dan saya udah lihat di swalayan, harganya pun tidak menohok he he… kapan2 saya pengen beli. Sekarang masih ngabisin blush on Etude Etoinette Heart Blusher yang entah kapan bakal habis :D soalnya bongkahan heart blushers-nya masih banyak :D lagipula warnanya sama2 pink :D Saya ngga mau punya lebih dari satu blush on yang warnanya mirip walau finishnya beda : )

Jadi, berikut ini kesimpulan saya.
Yang saya suka :
- Desain casing bedaknya saya suka, simple n girly, warna pink dan putih :D
- Ada tempat terpisah antara pan bedak dengan sponsnya.
- sponsnya kualitas lumayan meski ngga terlalu halus, tapi bisa dipakai meratakan bedak dengan baik
- Bau fragrancenya tidak menusuk
- teksturnya ringan dan mudah dibaurkan/ diratakan di wajah
- bisa dipakai buat touch up
- tidak menyumbat pori dan tidak menyebabkan jerawat di saya asal wajah dibersihkan dengan benar setelahnya
- finishnya matte dan ringan buat pemakaian sehari- hari
- no mineral oil
- ngga gampang bergeser ketika wajah saya mulai oily
- partikel bedaknya ngga lari kepori2 kalau pas berkeringat atau muka mulai berminyak
- Mengandung Vitamin E
- Mengandung Hyaluronic Acid yang disempurnakan untuk menjaga kelembaban kulit
- Harganya terjangkau (apalagi kalau ada diskon) dan tersedia di banyak supermarket di Indonesia
- Isinya lumayan banyak (11 g)
- tidak oksidize
- banyak pilihan shade, mulai dari yang untuk kulit fair sampai sawo matang ada

Yang saya ngga suka :
- aneka pengawet dan fragrance
- coveragenya sheer
- oil controlnya standar
- daya tahannya standar di kulit kombinasi berminyak saya

Yang mungkin bakal suka :
- semua jenis kulit kecuali yang sangat berminyak (karena bedak ini ngga tahan lama di kulit berminyak)
- yang ngga sensitive sama fragrance dan paraben dalam produk wajah
- ngga butuh banyak coverage
- mencari two way cake harga terjangkau

Repurchase ? Sepertinya mungkin. Saya belum lama pakai bedak ini untuk bisa mengetest efek dan manfaat jangka panjangnya.

Yang saya tulis ini adalah dari pengalaman saya pribadi. Kulit orang berbeda- beda, mungkin juga di luar sana ada yang ngga cocok sama bedak ini, sedangkan di saya belum ada masalah selama menggunakannya. Kalau kalian hendak mencari Two Way Cake bercoverage ringan yang harganya under IDR 35.000 dengan kualitasnya lumayan buat pemakaian sehari- hari, Face On Face ini bisa jadi alternative.

So, girls, two way cake apa favoritmu yang budget friendly? Silahkan share di komentar : )
 Sampai jumpa di posting saya berikutnya N’ have a nice day, pretties

No comments:

MY BLOG, ROOM FOR MY IDEA, SHELTER FOR MY EXPRESSION, HOME FOR MY THOUGHTS
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software