Wednesday 1 January 2014

Wardah Lightening Two Way Cake Light Feel Sheer Pink 03 (short review)



(for foreign readers, please hit the translate button, thank u. I’ll be reviewing product that originally from Indonesia so I’ll be writing in my mother language, Bahasa)


Hai, teman2 semua

Kali ini saya mau review singkat produk yang merupakan salah satu best seller dari brand Wardah. Saya sebenarnya juga cukup suka dengan brand ini karena mengusung konsep halal dan muslimah. Udah beberapa produk wardah yang saya coba, dan sejumlah diantaranya pernah saya repurchase. Kebetulan Desember 2013 pas ada diskon di Hypermaret maka saya langsung ambil satu TWC Lightening dari rak, he he… Saya dapet dengan harga sekitar IDR. 39.000 (harga aslinya di konter resmi sekitar IDR 49000). Untuk pilihan shadenya cukup tricky ya menurut saya. Udah saya coba keempat shadenya, hanya sheer pink ini yang lumayan berkawan dengan warna muka saya, karena yang lainnya entah kenapa berasa aneh dan tidak sesuai dengan kulit wajah saya. Sheer pink ini menurut saya warna yang paling terang dari keempat shade yang tersedia, dan juga warna yang paling pinkish. Berhubung rona wajah saya biasanya cocok sama shade yang agak2 pink jadi ya saya pilih ini saja.

Ini tampak atasnya

Ini penampakan dasarnya

Wadah spons terpisah

Ini shade 03 Sheer Pink yang saya beli
Gambar diambil dari website online  

Tampak depan karton

 Daftar bahan dan keterangan di bagian belakang karton


Ini keterangan dari web resmi Wardah

Lightening Two Way Cake
  • Tekstur halus, lembut di kulit dan tahan lama
  • Tidak mengandung bahan yang bersifat comedogenic yang artinya bila digunakan tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak menimbulkan jerawat (selama proses pembersihan wajah dilakukan secara teratur)
  • Mengandung micro coated particle yang merupakan partikel halus lembut yang dapat menyerap kelebihan minyak di kulit wajah. Sehingga semakin lama digunakan seharian, tetap powdery dan tidak akan menimbulkan kilap di wajah
  • Membuat kulit tampak lebih cerah, halus dan bebas kilap
  • Dilengkapi dengan Ekstrak Licorice, Vitamin E, serta UV Protection
Cara Pakai :

  • Lakukan pembersihan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan Cleanser dan Facial Wash, dan setelahnya segarkan kulit dengan menggunakan Hydrating Face Toner
  • Gunakan Wardah Moisturizer untuk melembabkan kulit dan setelahnya gunakan Wardah SUnscreen Gel SPF 30 untuk proteksi kulit terhadap bahaya sinar matahari
  • Sapukan Lightening Two Way Cake dengan warna yang sesuai dengan warna kulit. Sebelumnya bisa juga menggunakan alas bedak (foundation) agar riasan tampak natural.


Banyak yang suka dengan produk satu ini, bagaimana dengan saya? Nah, baca terus untuk tahu.

Untuk kemasannya, saya salut ya, cukup higienis dengan menempatkan spons secara terpisah, meski wadahnya jadi lebih bulky tapi ngga apa2 buat saya.

Tekstur bedak ini memang ringan dan halus.Spons bawaannya juga enak dipakai.

Profil kulit saya :
- kombinasi berminyak
- pori2 besar
- tekstur  kulit tidak merata
- ada scar bekas jerawat

Pertama diaplikasikan pada bagian wajah dimana pori2 saya berukuran normal (dagu, pipi bagian tepi, dahi bagian atas dan tepi wajah) baik2 saja. Tapi ketika saya usapkan pada zona T dan sekitarnya dimana lubang pori2 saya memang besar, bedak ini masuk mengisi pori2 dan jadi tidak rata dengan sekitarnya. Karena  tampilannya ada titik2 bedak yang masuk pori2 begitu. Sudah saya coba layer dan berusaha saya ratakan dengan tepuk2 pelan tapi tetap saja, ini bedak benar2 susah diratakan di muka saya. Akhirnya pemakaiannya saya ulang2 dan tipis2 dengan diaplikasikan pelan2 terutama untuk daerah T, butuh kerja keras buat meratakannya di wajah saya. Dan pas wajah saya mulai berminyak, coverage bedak ini jadi makin terlihat ngga rata. Sebelumnya saya memakai La Tulipe dan Silky Girl TWC tidak pernah terjadi yang seoerti ini. Dua bedak yang baru saya sebutkan itu sangat mudah diratakan pada pemakaian awal.
Sebenarnya saya ingin pasang foto swatch sama finishingnya supaya tahu gimana hasil sapuan bedak ini di kulit saya, tapi apa daya saya sedang tidak sedia kamera yang memadai, maaf yach pembaca.

Urutan pemakaian saya sehari2 :
pelembab --> sunscreen --> two way cake

Untuk aroma, saya rasa bedak ini standar aromanya, agak floral campur apa gitu, tergolong medium scent kalau boleh saya bilang, tapi ga terlalu ganggu koq. Soal coverage, menurut saya lebih ke arah sheer. Bedak ini bisa menutupi kemerahan dan meratakan warna kulit, juga membuat tampilan jadi lebih cerah, tapi ngga bisa sepenuhnya mengcover bekas2 jerawat yang saya punya. Sesuai dengan namanya 'light feel', bedak ini terasa ringan di kulit.

Akhirnya bedak ini saya berikan pada mama saya. Beliau kulitnya cenderung normal, ngga punya masalah dengan pori2 yang kelewat gede seperti halnya saya.  Mama saya cukup suka teksturnya dan shadenya juga masih masuk ke kulitnya.  Syukurlah jadi ngga mubazir. Saya bilang ke mama saya, “ini lho mama, tak kasih bedak yang dipakai inneke koesherawati (brand ambassador wardah), ntar biar bisa cantik kayak inneke”. Mama Cuma bilang “wah, kamu tuh pelecehan, ya” >.<
Akhirnya ketahuanlah niat busuk saya ngasih bedak gara2 sayanya ngga cocok sama bedaknya, ha ha… >.<
Tapi mama saya memang sudah hapal dengan kelakuan saya, udah bejibun produk yang dia tampung dari saya :D untungnya kulit mama saya itu cenderung tidak rewel.

Saya pernah browsing dan ternyata ada juga beauty blogger yang mengalami masalah seperti saya, dimana kondisi kulitnya mirip dengan saya (berminyak, pori2 gede), masalahnya juga sama, bedak ini cenderung lari ke lubang pori2 dan jadi ngga rata terutama ketika wajah mulai berminyak.

Ringkasan tentang kesan saya.
Pro :
- wadahnya bagus, warnanya biru lembut saya suka, tempat sponsnya terpisah jadi lebih higienis
- teksturnya halus
- terasa ringan di kulit
- Mengandung bahan pencerah dan UV protection
- ada sertifikat halal MUI
- spons bawaannya juga enak dipakai
- tidak ada paraben di daftar bahannya
- Harga terjangkau dan mudah didapat di swalayan di indonesia

Cons :
- susah diratakan 
- partikel bedak cenderung masuk ke pori2 sehingga tidak rata dengan sekitarnya, terutama jika wajah mulai berminyak/ keringat
- ngga cocok buat yang punya pori2 besar
- pilihan shadenya cukup tricky
- oil control so so
- perfumed
- cenderung sheer coverage

Repurchase ? Jelas2 Tidak buat saya. Tapi mungkin mama saya bakal beli lagi kalau dia merasa cocok terus pakai bedak ini.

Ya, kulit orang berbeda- beda rasanya. Saya sendiri ngga tau kenapa koq bedak ini susah diratakan di saya, padahal sudah saya coba berulang kali menggunakan spons. Padahal banyak orang yang cocok dengan bedak ini, termasuk mama dan seorang teman saya.
Sayang banget sebenarnya, padahal saya suka tekstur halus dari bedak ini, ringan di kulit dan wadahnya juga cakep >.<
Ha ha penting ga sich, cake papa ndak wadah bedak, ho ho kalau buat saya sich pentiiinggg (banci packaging alert)
Benernya masih penasaran, pengen coba yang Wardah TWC varian Lightening extra cover ama exclusive. Apa iya bakal sama kayak ini… Duch… kalau kualitasnya sama (susah diratakan)  ya ga jadi… hmmm… mungkin kudu colek2 di konter wardah dulu aja kali yak…
So girls, apa bedak /TWC favoritmu?

11 comments:

sekararum said...

Aku pengen nyobain bedak2 padatnya Wardah. Tapi reviewnya ga da yang bagus. Mundur deh ^^

Deasy W said...

Halo, Jeng
ini juga aq baru sekali coba beli yang padat, ternyata ngga cocok, susah diratakan. He he aq jadi ragu juga mau coba varian lainnya...

Diah si'CivicEducation09 said...

ikut coment yaa... klo saya alhamdulillah selama ini cocok dgn wardah, dlu saya perawatan ddokter kulit tp mahal akhirnya berhenti, lalu muncullah flex item, trs coba make wardah lightening series ehh udh 4bulan cocok, katanya sih rada lebih putih, klo utk twc nya saya pke sama dgn atas, tp klo saya usahakan tidak waktu basah atau berminyak lbh baik keringkan dgn tissue apapun mereknya jika msh basah atau berminyak bedaknya gag akan rata, trs klo saya diusap dlu trs dtepuk tepuk biar msk kdlam, kulit saya jg pori pori besar dan byk lubang bkas jerawatnya, mkasih

Deasy W said...

Hai, wah beruntung kalo kamu cocok sama bedak ini. He he.. kulit orang beda2 juga sich. Entah kenapa di saya hasilnya kurang smooth.

Thank u uda mampir dimari

Unknown said...

Hai hai, salam kenal ya~ Aku pakai ini juga sudah 2 bulanan, dan aku cocok ama ini, seenggaknya aku gak mengalami namanya kulit jadi berjerawat dll gitu pas pakai ini hehehe...

Oil control di aku bagus sih, seenggaknya gak bikin kusam walaupun setelah beberapa jam jadi berminyak dikit2...

Kalau mau flawless dikit, mungkin cobain pakai brush deh mbak, aku pakai gitu jadinya gak menutup pori, terus terasa kayak gak pakai karena dia nempel di kulitnya mantep, serasa gak nempel sama sekali

http://farrelandmerry.blogspot.co.id/2015/10/wardah-lightening-two-way-cake-light-feel-03-sheer-pink.html

Kalau sempet main2 ke tempat aku ya hehehe

Unknown said...

Coba aja bedak caring colours marta tilaar yg everlast no.3 soft natural,mbk.. untuk kulit berminyak dan berpori besar. Bagus kok,bbc yg everlast jg ada.. pasti cocok deh,warnanya.. mksh.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

saya juga sangat cocok dengan bedak wardah ... bedak wardah memang bagus banget
Harga Update Terbaru

Unknown said...

Hi ts, mau tanya sheer pink wardah ada yang powder ga? Makasih

Unknown said...

Menurutku bagus kok.. aku pake yg no 3 jga... nyatu ama wajah ku...
Malah makin sini makin lembut muka ku...

Emng dr kecil gasuka ma produk kecantikan.. sekalinya d tawarin k wardah.. klo pelembab nya aku ttp pake garnier... yg dlu nya oily skrg mlh ilang bgt berminyaknya.. emng tabrakan pake 2 produk yg beda tpi sejauh ini.. wajah ku mlh nyaman... dan gausah tmbh2 in concealer.foundation.. 2 aja cukup

Unknown said...

Maaf ka boleh tanya. Kalo bedak wardah lightening two way cake sheer pink no 3. Sama apa beda? Sama bedak wardah twc extra cover sheer pink no 3.