Sunday 30 March 2014

Marina UV White Two Way Cake 01 Fair Ivory With Phytosqualane & Vitamin C First Impression


Hai, pembaca dan teman2 semua
 
Sekarang saya mau share review saya dengan salah satu produk lokal Indonesia. Buat kalian yang lagi nyari Two Way Cake yang kualitasnya lumayan dan harganya terjangkau, yuk mari merapat dulu. Lanjut baca terus untuk tahu rekomendasi dari saya.

Ini produk yang dapet giliran review kali ini.



Marina UV White Two Way Cake
Gambar diambil dari web Marina


Deskripsi dari Web Sahabatmarina :
Marina UV White
two way cake

Bedak sekaligus Foundation. Mengandung Tabir Surya, Vitamin C dan Phystosqualane melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV A dan UV B dan membuat kulit tampak cerah. Mudah merata pada wajah.

Deskripsi dari kotak kemasan :
Marina UV White Two Way Cake 01 Fair Ivory, Netto 12,5 g
With Phytosqualane & Vitamin C
Brighter looking complexion
Produced by PT Rudy Soetadi, Distributed by PT Barclay Products

Bedak sekaligus foundation dengan tabir surya yang membantu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV A dan UV B, serta mengandung Vitamin C untuk membantu mempertahankan kecerahan kulit wajah. Diperkaya dengan Vitamin A, E dan Phytosqualane untuk membantu menjaga kelembaban.
A combination of powder and foundation containing sunscreen to help protect your skin from the harmful effect of UV A and UV B rays, also contains Vitamin C to help maintain a brighter complexion. Enriched with Vitamin A, E and Phytosqualane to help keep skin moisturized.

Cara Penggunaan : Gunakan spons kering untuk riasan sehari- hari, atau gunakan spons basah untuk mendapatkan riasan yang lebih tebal. Untuk hasil lebih optimal digunakan setelah pemakaian Marina UV White Face Moisturizer.
Direction for use : Apply with dry sponge for daily use, or apply with damp sponge for more coverage. For best results, apply after using Marina UV White Face Moisturizer.
Tersedia dalam bentuk refill.

Komposisi/ Ingredients : Talc, Polymethylmethacrylate, Aluminum Starch Octenyl succinate, Titanium Dioxide, Octyl Methoxycinnamate, Dimethicone, Zinc Stearate, Caprylic / Capric Triglyceride, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Octyl Dodecanol, Sodium Ascorbyl Phosphate, Squalane, Tocopheryl Acetate, Retinyl Palmitate, Sorbitan Oleate, Parfum (fragrance), Disodium EDTA, Methylparaben, Propylparaben, Imidazolidinyl Urea, BHT
May contain : Cl 77019, Cl 77491, Cl 77492, Cl 77499
----------------------------------

Bagian depan dus kemasan

Saya udah lama penasaran pengen coba bedak ini. Udah lama saya lihat produk ini waktu itu akhir tahun lalu pas ke Giant lihatnya, tapi ngga langsung saya beli. Nah bulan berikutnya saya cari2 produk ini, rasanya susah banget, seakan menghilang dari pasaran. Saya cari ke Hypermart, Giant, Indomaret, Alfa dan toko2 kosmetik di sekitar Surabaya tapi ngga nemu. Yang banyak beredar malah yang versi Marina two way cake sweet kotak warna pink. Padahal yang lagi pengen saya coba tu yang ini, karena ada kandungan pencerah Vit C di dalamnya. Mungkin waktu itu saya lagi kurang beruntung kali yach, he he…

Bagian belakang dus kemasan
Ada info produk dan cara pemakaian yang sudah saya tulis ulang di paragraf atas

Nah, Senin 24 Maret kemarin saya iseng2 jalan2 ke swalayan dekat tempat tinggal sodara, dan ngga disangka saya nemu produk ini, lengkap dengan pilihan shade-nya. Langsung saya ambil satu biji. Saya pilih shade yang 01 Fair Ivory karena takut kegelapan kalau pakai yg 02 (saya lupa yang 02 tu judul shade-nya apa). Padahal mbak penjaga konternya nyaranin yang 02. Soalnya pas saya lihat di pan, shade yang 02 itu koq kelihatan kuningnya mateng banget begitu, takutnya kurang terang jatuhnya di saya. Pengalaman saya selama ini banyak ngga cocoknya kalau pakai bedak yang shade kuningnya mateng banget atau warna kuningnya terlalu kenceng. Biasanya bagusnya saya pakai yang cenderung kuning terang.

Harga : IDR 21.300. Saya belinya di Tip Top Swalayan. Harga segini dapet yang versi full lengkap sama case dan puff di dalamnya. Terjangkau sekali bukan :D

Bagian depan casing bedak

Bagian belakang casing bedak

Bedak2 Marina ini terkenal sebagai bedaknya remaja. Lihat saja desainnya girly banget. Ah, ya saya kan juga masih remaja. Pertanyaannya remaja tahun berapa saya ini? Ha ha… :D

Bagian samping casing bedak

Kemasan :
Casing wadah bedaknya berwarna putih. Lumayan tampilannya buat dibawa kemana2, ngga berkesan murahan. Ada cermin yang lumayan besar buat ngaca. Material casingnya dari plastic putih semi glossy dengan aksen warna krom putih di tepinya. Warna kromnya itu bakal ngelotok atau lepas kalau tepi casingnya sering tergesek. Casingnya cukup tebal dan kokoh, sodara2, sepertinya ngga gampang rusak kalau jatuh, ngga tau lagi kalau bedak padatnya, gampang pecah atau ngga kalau jatuh he he… Saya belum coba banting sich he he… jangan sampai yach : )

Casingnya bisa menutup dengan sempurna dan mudah dibuka tutup. Saya salut sama Marina yang menyediakan perlindungan produk bedaknya dengan material casing wadah yang lumayan bagus untuk range harga terjangkau. Ngga seperti casing two way cake silky girl yang pernah saya pakai dimana material plastic casingnya tipis dan ringkih.

Dalemnya casing, maaf sponsnya udah agak kotor karena beberapa kali dipakai

Soal spons bawaan two way cake ini, saya rasa lumayan. Sponsnya memang ngga sehalus spons bawaan bedak yang harganya lebih mahal, tapi cukup buat dipakai meratakan two way cake ini dengan baik di wajah. Sponsnya ini tebalnya standar, tebal dan ukurannya kira2 hampir sama dengan spons punya Sariayu.



Pembahasan tekstur dan finish :

Surprisingly, bedak two way ini teksturnya lumayan bagus menurut saya untuk produk dengan harga IDR 21 ribuan. Bedaknya mudah diratakan ke wajah (saya biasanya pakai spons kering) dan gampang menempel. Finishnya menurut saya semi matte ya. Jadi ngga bisa dibilang 100% matte gitu. Bedak ini ada fragrancenya tapi ngga kenceng koq dan wanginya bakal ilang segera setelah disapukan ke wajah.

Saya pilih shade 01 Fair Ivory ternyata benar sodara2, shade ini bisa masuk ke kulit saya. Tone kulit saya ini cenderung ke arah sawo matang dan bedak ini warnanya masih masuk dan bagus kelihatannya di saya, bisa kelihatan natural dan bikin complexion wajah jadi segar. Shade 01 Fair Ivory itu kalau saya bilang cenderung agak ke arah kuning terang. Buat kamu2 yang punya tone kulit wajah medium kuning langsat sampai agak ke arah sawo matang, shade ini mungkin bisa cocok. Tapi kalau buat orang yang kulitnya fair atau pale, saya rasa bakal ngga cocok karena kurang terang. Kalau buat kulit coklat atau sawo matang yang lebih gelap, mungkin bisa pilih shade 02.

Seperti ini kira2 warna shade bedak yang saya pilih
Maaf foto agak gelap dibanding aslinya >.<

Coverage finish Marina Two Way Cake UV White ini menurut saya rangenya sekitar sheer to semi medium. Two Way Cake ini bisa meratakan tampilan kulit, menutup kemerahan, noda2 ringan, dan dark circle level sedang, serta menutupi kelelahan pada kulit (buat kamu yang habis begadang) dan bikin wajah jadi terlihat fresh. Coveragenya buildable, tapi kalau me-layer-nya terlalu tebal bakal kelihatan chalky.

Soal oil control, bedak ini standar menurut saya. Bisa dipakai buat semua jenis kulit.Bagusnya bedak ini ngga oxidize di saya.
Buat kamu yang wajahnya berminyak, saya sarankan ketika pakai bedak ini, harus ngeblot segera ketika wajah mulai oily supaya bedaknya ngga jadi cakey di T-Zone. Ketika wajah saya pas berminyak banget dan ngga ngeblot, nah di area yang berminyak itu bedak ini ‘bergeser’ ketika disentuh. Kalau ngga ngeblot, bedak ini terlihat sedikit cakey di sekitar hidung. Memang ngga parah si cakey-nya, diblot dikit udah beres. Saya kan kadang2 pakai kacamata, nah pas kacamata dilepas di tempat sandaran kacamata itu biasanya ada sedikit bekas bedak yang menggumpal atau bergeser gitu. Jadi buat kamu yang pakai kacamata trus pakai bedak ini, perhatikan pas ngelepas kacamata, kali2 aja bedaknya di bekas sandaran kacamata jadi sedikit ngga rata seperti yang saya alami.

Soal daya tahan, Two Way Cake ini lumayan bertahan lama warnanya ketika saya pakai. Ngga gampang hilang bila mulai berkeringat. Two Way Cake ini sudah saya coba pakai dengan beberapa macam cara :

1. Pagi/ Siang hari. Sebagai finishing, adonan di bawahnya pakai moisturizer Corine De Farme + base C Anna Sui
Hasil = ketahanan sampai 7,5 jam masih nempel lumayan bagus (mostly indoor).

2. Pagi/ Siang hari. Dipakai setelah moisturizer Nivea Sparkling White oil control + SKINAQUA Moisture Milk
Hasil = ketahanan tampilan sampai 4- 5 jam (mostly indoor).

3. Siang hari. Dipakai setelah moisturizer Nivea Sparkling White oil control + BB Cream Oriflame + Caring uv white loose powder
Hasil = tampilannya bagus sampai 4 jam, sesudahnya jadi agak cakey, tapi warnanya masih menempel sampai 6 jam.

4. Pagi jam 08.30. Dipakai langsung tanpa moisturizer dan tanpa base apapun. Setengah jam dalam rumah lalu 2 jam panas2an outdoor. Wajah udah berminyak dan bedak di hidung udah sebagian besar hilang (hidung saya itu area paling berminyak). Setelah 3 jam harus ditouch-up karena coverage bedak udah sebagian besar bubar dari wajah :D saya ngga heran yach soalnya kasus bedak yang lain banyak juga yang gini. Bedak yang bisa bertahan 3 jam panas2an tanpa base di muka saya yang berminyak gini itu udah bagus. Beberapa bedak lainnya malahan 1,5- 2 jam dipakai berpanas2an udah bubar jalan >.<

Saya belum coba aplikasi pakai spons lembap. Selama ini hanya pakai spons kering bawaan bedak ini saja. Menurut saya daya tahan bedak ini lumayan ya untuk bedak dengan harga yang lumayan terjangkau. Kalau dipakai indoor lumayan daya tahannya, tapi kalau buat outdoor apalagi cuaca panas terik, lebih baik dikasi primer atau base dulu biar ngga gampang bubar bedaknya :D

Sekarang, ini kesimpulan dari saya.
Pros :
- Harganya terjangkau sekali :D
- kemasannya lumayan buat harga segitu, ngga berkesan murahan
- warna bedaknya sesuai sama kulit Indonesia
- tersedia di swalayan lokal
- finishnya masuk di kulit saya dan masih berkesan natural
- coveragenya lumayan
- daya tahannya lumayan dibanding bedak dengan harga yang sama
- Komposisinya lumayan lengkap mulai dari UV protection, Vitamin C, A dan E, squalane
- tidak oxidize di saya
- Sudah hampir seminggu saya pakai dan tidak ada reaksi iritasi ataupun ketidaknyamanan

Cons :
- aneka pengawet, termasuk parabens dan Imidazolidinyl Urea >.<
- mengandung synthetic fragrance
- cenderung cakey di area hidung pas muka mulai oily

Repurchase ? Belum tahu, sepertinya mungkin. Kalau anggaran mepet dan bedak pas habis, ini bisa jadi alternative, he he…Untuk sekarang, bedak ini rencana saya pakai terus sampai habis.

Bedak ini sich menurut saya cukup bagus dari segi kemasan, kandungan bahan penutrisi maupun kualitas tekstur dan finishnya untuk range harga segitu. Salut buat Marina yang udah bikin two way cake dengan harga terjangkau tapi kualitas packaging dan produknya bisa diandalkan. Walaupun sayangnya masih pakai aneka pengawet yang diantaranya ada yang saya tidak suka. Zat pengawet yang saya paling ngga suka disini adalah Imidazolidinyl Urea.

Bagaimana pendapat kalian? Apa two way cake dengan harga terjangkau yang jadi favorit kalian? Silahkan share pengalaman kalian di komentar : )

1 comment:

Nafasya said...

nice review ;)

bedaknya beneran gk oxydize? soalnya aku biasanya kalo pake bedak twc suka oxydize gt jadi males, aku pake punyanya war***

btw salam kenal...