Tuesday, 24 April 2012

Citra Lasting White Bengkoang 2 in 1 Face Cleanser Review

Deskripsi kemasan :
Citra Lasting White Bengkoang 2 in 1 Face Cleanser dengan Bengkoang, untuk kulit tampak cerah alami.
Mengandung susu pembersih untuk membersihkan wajah dan make up secara menyeluruh, dan penyegar (toner) yang membuat kulit wajah tidak lengket dan segar.
Pembersih wajah ini memberikan sensasi sejuk pada kulit. Kandungan antioksidannya (Vitamin C dan E) dikenal dapat melawan efek buruk lingkungan.

Apakah deskripsi ini sesuai dengan kenyataan pengalaman aq? Mari kita lihat reviewq di bawah ^ ^


Perhatian : Hindari kontak dengan mata. Jika terkena mata, bilas dengan air.

Cara Pakai (menurut kemasan) :
Praktis, cukup dengan satu langkah mudah. Usapkan pada wajah, lalu bersihkan dengan kapas, atau dapat juga dibilas langsung dengan air.

Kemasan : Botol plastik putih 130 ml

Tekstur : Lotion putih tidak terlalu kental, tidak lengket dengan aroma wangi body lotion ala citra bengkuang

Daftar Bahan:
Water, Alcohol Denat, Carbomer, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Phenoxyethanol, Pachyrrhizus Erosus Root Extract, Sodium Lauroamphoacetate, Perfume, Titanium Dioxide, Tetrasodium EDTA, Methylparaben, Niacinamide, Potassium Hydroxide, Dicaprylyl Ether, Etidronic Acid, Prophylparaben, Tocopheryl Acetate, Sodium Ascorbyl Phosphate, Menthone Glycerin Acetal.
……………………………………………………………….

Tampak Depan botol kemasan


Tampak Belakang botol kemasan, ada daftar bahan dan deskripsi produk


Gambar ketika kemasan dibuka untuk mengeluarkan isinya


Selain ekstrak bengkoang, ini juga mengandung vitamin C dan E untuk antioksidan dan vitamin B3.
Penasaran ama produk ini coz ada temen cowok yang demen banget pakai produk ini buat bersihin mukanya, dia udah repurchase berkali2 dan udah menggunakannya dalam waktu yang lama. Katanya enak pakai pembersih Citra yang ini. Pas ke supermarket iseng2 liat2 dan akhirnya tertarik. Sebenarnya aq lagi nyari milk cleanser tapi berhubung ga ada milk cleanser di supermarket yang kurasa cocok (coz rata2 mengandung mineral oil/paraffinum liquidum) jadi deh beli ini.
Pertimbangan pertama beli produk ini coz aq baca di daftar bahannya tidak terdapat mineral oil. Ya, kulitku semacam ngga bisa mentolerir mineral oil dan tiap kali pakai produk pembersih yang ada bahan mineral oilnya ujung2nya pasti breakout. Dan alasan yang ke dua, produk ini murah, Rp. 9800 untuk 130 ml, aku beli di Giant (April’12 pada saat review ini dibuat). Alasan ke tiga coz produk ini ada bahan whiteningnya (semacam slalu tertarik sama embel2 whitening). Citra adalah brand Unilever yang banyak dijual di toko2 mulai indomaret, alfa, di pasar pun juga ada, kalau cocok ama produk ini kan lumayan, murah, gampang didapet ga usah repot2 ke konter atau beli online : )
Sebenarnya pembersih citra ada 2 macam, varian satunya green tea yang botolnya warna ijo, tadinya mau beli yang itu coz aq suka ama aroma bau sabun mandi, bodi lotion dan scrubnya citra green tea yang menyegarkan, perkiraanku cleansernya pasti punya bau seger yang sama, tapi akhirnya beli yang varian bengkuang gara2 embel2 whitening ha ha…
Aq akan merekomendasikan ini untuk kulit normal sampai kombinasi berminyak. Aq tidak merekomendasikan ini buat kulit kering coz aq rasa bakal kurang melembabkan buat jenis kulit kering. Kulit kering sebaiknya menggunakan pembersih yang kaya unsur pelembab (seperti Skinfood Wildberry Milk Cleansing Gel Moist yang udah aq review sebelumnya). Pembersih ini mengandung alcohol sebagai bahan utama yang ada di urutan kedua dalam daftar bahan jadi mungkin akan bakal terasa mengeringkan bagi jenis kulit kering. Aku juga tidak merekomen ini buat yang kulitnya sedang berjerawat coz sebaiknya memakai pembersih yang ada kandungan bahan yang dapat membantu merawat kulit berjerawat seperti tea tree atau salicylic acid.
Pembersih ini sehari2nya aq gunakan buat membersihkan makeup ringan yang hanya terdiri dari bb cream/tinted moisturizer dan bedak. Perlu beberapa kali usap untuk membersihkan sisa2 bb cream di wajahku, daya bersihnya sepertinya hanya terbatas untuk kelas make up ringan saja rasanya. Kalau membersihkan makeup berat pakai ini, sepertinya butuh massage cleansernya di wajah dengan ekstra dan beberapa kali usap dengan menggunakan produk ini dalam jumlah banyak dan kapas dalam jumlah banyak juga tentunya.   Aku belum pernah mencoba membersihkan make up waterproof pakai produk ini jadi aq ngga bisa komen soal daya bersihnya terhadap make up waterproof. Oh, ya kalau memakai produk ini dalam jumlah banyak (biasanya untuk menghapus make up yang agak tebal) aq merasakan sedikit unsur 'sengatan' di wajah, mungkin karena formula produk ini agak keras dan karena kulitku memang sensitif mengingat kandungan alkohol dan phenoxyethanol dalam daftar bahannya.
Ini adalah pembersih 2 in 1 artinya milk cleanser sekaligus toner dan seharusnya setelah pakai ini ngga perlu pakai toner lagi tapi kayaknya buatku berasa kurang nampol aja bersihinnya kalau ngga difinish pakai toner pembersih, jadi aq tetep pakai toner tipe pembersih setelah pakai cleanser ini. (Note : baca tulisanku tentang tipe toner yang terdiri dari cleansing toner/toner pembersih dan preparing toner). Selain dengan toner pembersih bisa juga langsung cuci muka atau pakai sabun muka untuk mengangkat residu cleanser yang tertinggal di wajah agar tidak menyumbat pori n jadi break out.
Ada salah satu saudaraq yang break out setelah pakai ini, ketika aq tanya, dia ngga pakai cleansing toner atau sabun muka lagi setelah membersihkan wajah pakai produk ini, seperti yang aq bilang kemungkinan residu cleansernya bisa menyumbat pori2 kalau ngga diikuti pembersihan dengan cleansing toner atau facial wash.

Minus :
- Mengandung alkohol (urutan ke dua di daftar bahan), pewangi, dan phenoxyethanol (urutan ke lima di daftar bahan) 
- Ngga cocok buat kulit sensitif dan kering 
- Mesti pakai cleansing toner/facial wash setelah pakai ini, untuk membersihkan sisa2 cleanser di wajah, kalau ngga menurutku bakal berasa kurang bersih. Ini cleanser cenderung meninggalkan sisa/residu di wajah yang harus di bersihkan pakai toner, air, atau sabun pencuci wajah, karena kalau tidak sisa cleanser bisa berpotensi menyumbat pori2.
- Daya bersihnya kurang dibandingkan dengan Sophie Fairness cleansing milk dan Skinfood Wildberry Milk cleansing gel yang pernah aq review sebelumnya
- Kalo pakainya banyak, terasa 'agak menyengat' di kulit, mungkin karena formulanya agak keras (mungkin juga karena phenoxyethanolnya yg notabene merupakan skin irritan)

Plus :
- Tidak mengandung mineral oil
- Ada sensasi sejuk di kulit setelah mengusap wajah menggunakan produk ini, ada derivat menthol dalam daftar bahannya
- non greasy
- Murah (ngga sampai 10rb saat review ini dibuat) dan mudah didapat (di toko2 kecil juga banyak yang jual)
- Mengandung bengkuang dan bahan pencerah wajah  
- wanginya lumayan enak (seperti bau body lotion bengkuangnya citra juga) ngga terlalu menusuk dan masih bisa kutolerir meski aq sebenernya ngga suka skin care berpewangi.

Bakal beli lagi produk ini? Ya. Setelah 2 minggu aku pakai dan sejauh ini ngga ada reaksi penolakan dari kulitku, ngga bikin break out, dan ini juga terasa melembabkan kulitku. Meski daya bersihnya ngga bisa dibilang dahsyat, tapi untuk membersihkan make up ringan sehari2 buatku rasanya sudah cukup. Dan harganya sangat terjangkau, ngga bikin kantong jebol ha ha 
 

Yang mungkin cocok :
- Normal to combination skin
- Yang nyari lotion pembersih yang ada whiteningnya
- Yang pengen lotion pembersih dengan harga terjangkau dan mudah didapat
- Yang ngga keberatan dengan alcohol, pewangi, dan phenoxyethanol di urutan ke lima dalam daftar bahan
- Hanya butuh untuk membersihkan tata rias ringan
- Yang mencari pembersih tanpa kandungan mineral oil

Yang mungkin ngga cocok :
- Kulit berjerawat
- Kulit kering
- Kulit super sensitif
- Butuh pembersih yang cepat mengangkat make up berat/waterproof
- Tidak mentoleransi alcohol, pewangi, dan phenoxyethanol (di urutan ke lima dalam daftar bahan)
- Kulit berminyak acne prone dan ingin pembersih 1 step tapi yang ngga berpotensi menyumbat pori2


Cocok buatku belum tentu cocok buat yang lain, jadi coba oles dikit dulu ya sebelum pakai ke seluruh wajah, kalo perlu colek2 punya temen dulu sebelum beli ha ha... 
Ada yang pakai produk ini juga? Gimana pendapatmu? Apa pembersih yang pernah kamu pakai? Bisa share di komentar : ) Terima kasih sudah membaca review ini 

12 comments:

misspuff said...

Aku juga lagi nyari2 pembersih 2 in 1 neh, soalnya males ribet, hehe
tapi pengen yang cair, any suggestion??

Penulis Amatir said...

kulitmu sensitif ngga? kalo kulitmu bukan tipe sensitif, buat bersihin make up yang ringan2 aja si, coba pakai ponds shake and clean atau pixy biru yg 2 way non-alcohol itu. harganya cukup terjangkau, kadang aq juga pakai dua produk itu he he

tapi kalau buat make up yg agak berat ya lebih baik pakai pembersih 2 langkah, cleansing oil, atau 2 way makeup remover biar lebih bersih.
mudah2an bisa membantu ya, makasih sudah mampir ksini :)

misspuff said...

Aku uda nyoba yang ponds shake and clean, tapi ada alkoholnya juga. Klo pixy biru non-alcohol yakk?? boleh dehh. . . daya bersihnya bagus gak?? suka males nih klo buat bersihin muka

Penulis Amatir said...

setahuku pixy biru yang 2 in 1 itu ngga ada alcoholnya, aq pernah pake beberapa kali dulu, buat bersihkan foundie ringan dia udah ok koq, tapi dia ada perfume-nya jadi kalo kulitmu sensitif ya lebih baik ditest dulu dikit kalo ga ada masalah baru diteruskan.

Atau kalo mau yg bentuknya sabun, bisa pakai biore 2 in 1 cleansing wash yg botolnya warna pink itu.
Mudah2an bisa membantu :)

Mutiara Tanjung said...

ini pembersih wajah jaman SMA dulu, wanginya enak, kalo ga salah ada yg green tea...

new follower :)
inimutiara.blogspot.com

Penulis Amatir said...

halo Mutiara,
iya ini memang ada varian ijo buat kulir berjerawat.
I have followed u back, dear, u may want to check ur gfc, thank u^^

Nurmala Khumairoh said...

kak, efek memutihkan pada pembersih citra bngkuang gmna?

Queen D said...

Hallo aap baru balas berhubung jarang banget buka blog akhir2 ini. Pembersih ada ada kandungan brighteningnya dear, jadi kalau kamu pakai bersama produk whitening lainnya bakal membantu mencerahkan.

dyan ardhei said...

pembersih citra sekarang apa dah produksi ya??? ko aq nyari2 pada gk ada semua, susah nemuin pemersih citra sekarang padahal udah cocok banget...

putra purnawan said...

Heem bener banget

Very Ristiani said...

Apakah pembersih citra tidak diproduksi lg?

zaki fahmi said...

Gimana dong citranya kyknya udah di stop produksi? Pada ganti pembersih merk apa? Padahal udh cocok banget.dan ngk pernah jerawatan.

MY BLOG, ROOM FOR MY IDEA, SHELTER FOR MY EXPRESSION, HOME FOR MY THOUGHTS
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software